Besok, 50 Anggota DPRD Kebumen Bakal Mengucapkan Sumpah dan Janji - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Besok, 50 Anggota DPRD Kebumen Bakal Mengucapkan Sumpah dan Janji

Berdasarkan jenis kelamin, Anggota DPRD Kebumen 2019-2024 didominasi oleh laki-laki. Yaitu sebanyak 39 orang atau 78 persen, sedangkan anggota perempuan sebanyak 11 orang atau 22 persen.
Besok, 50 Anggota DPRD Kebumen Bakal Mengucapkan Sumpah dan Janji
Karangan bunga ucapan pelantikan DPRD Kebumen mulai memadati halaman Gedung DPRD Kebumen.
www.inikebumen.net KEBUMEN - Calon Anggota DPRD Kabupaten Kebumen terpilih dijadwalkan akan mengikuti pengucapan sumpah dan janji sebagai anggota DPRD periode 2019-2024 besok Selasa, 13 Agustus 2019.

Pengucapan sumpah dan janji para Anggota Dewan ini akan dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Kebumen dalam rapat paripurna di Ruang Paripurna DPRD Kebumen. Sesuai jadwal acara tersebut dimulai pukul 09.00 WIB.

Dari 50 orang yang akan dilantik, satu orang dipastikan ditunda. Yakni Miftahul Ulum dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Penyebabnya, wakil rakyat yang terpilih dari daerah pemilihan (dapil) 1 meliputi Kecamatan Kebumen dan Buluspesantren sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci.

"Sesuai ketentuan bagi yang berhalangan, akan dilantik oleh Pimpinan DPRD definitif," kata Kabag Humas Sekretariat DPRD Kebumen, Agus Septadi, pada kegiatan jumpa pers, Senin, 12 Agustus 2019.

Baca juga:

Meski akan dijadwalkan besok, namun hingga saat ini SK peresmian pengangkatan anggota DPRD dari Gubernur Jawa Tengah  belum diterima Sekretariat DPRD Kebumen.

"Kita masih menunggu SK dari Gubernur Jawa Tengah," ucapnya.

DPRD Kabupaten Kebumen periode 2019-2024 didominasi oleh wajah baru. Sebab, dari 50 anggota saat ini hanya 15 orang yang tetap bertahan. Artinya, 35 Anggota lainnya merupakan orang baru.

Adapun 15 Anggota petahana yang tetap bertahan yakni Fitria Handini dan Sarimun (PDIP). Kemudian, Qoriah Dwi Puspa (Nasdem), Miftahul Ulum dan Nur Hariyadi (PKB), Yuniarti Widayaningsih dan Restu Gunawan (Golkar).

Selanjutnya, Ermi Kristanti (PKS), Rifai Yuniantoro (Demokrat), Gito Prasetyo, Bagus Setiyawan dan Kurniawan (PAN). Agus Hamim (PPP), Agung Prabowo dan Sri Susilowati (Gerindra).

Sementara itu, komposisi perolehan kursi di DPRD Kebumen pada periode lima tahun ke depan, masih didominasi oleh PDIP. Bahkan perolehannya meningkat dibandingkan Pemilu 2014 lalu.

PDIP meraup 12 kursi DPRD atau bertambah tiga kursi dari Pemilu 2014 lalu. Peringkat kedua ditempati PKB dengan 9 kursi, atau bertambah tiga kursi.

Gerindra memperoleh 7 kursi, Golkar 6 kursi, PPP 4 kursi, Nasdem 4 kursi. Selanjutnya PAN hanya 3 kursi, padahal pada Pemilu 2014 lalu mampu memperoleh 7 kursi. Disusul, Demokrat yang memperoleh 3 kursi, dan PKS 2 kursi.

Berdasarkan jenis kelamin, Anggota DPRD Kebumen lima tahun ke depan didominasi oleh laki-laki. Yaitu sebanyak 39 orang atau 78 persen, sedangkan anggota perempuan sebanyak 11 orang atau 22 persen.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>